CMS E-Commerce  
CMS e-Commerce adalah software yang dibangun khusus untuk membuat 
toko di dunia maya atau yang kita sering sebut dengan e-Commerce. 
E-Commerce (Electronic Commerce) adalah penjualan dan pembelian produk, 
informasi dan jasa yang dilakukan dengan menggunakan internet atau jaringan komputer.
Perkembangan internet yang cepat merupakan faktor pendorong adanya 
e-commerce ini. Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan 
komputer satu dengan yang lainnya sehingga memudahkan dalam melakukan 
interaksi antar pengguna komputer di seluruh dunia.
Sejarah e-Commerce bermula saat Departemen Pertahanan Amerika Serikat
 membentuk suatu badan bernama Defense Advanced Research Project Agency 
(DARPA) yang bertugas mengadakan proyek jaringan komunikasi, yang 
dinamakan Advanced Research Project Agency  (ARPA). Melalui ARPA, 
dikembangkan lagi jaringan komunikasi Advenced Research Project Agency 
Network (ARPANET) dan pada tahun 1969, dengan menggunakan komputer 
PDP-10 dan PDP-11 produksi digital Equipment Corporation di bawah 
platform UNIX.
Situs e-Commerce adalah situs komersial yang siap menerima order dan 
dapat diakses dari berbagai wilayah di dunia dengan wilayah waktu yang 
bermacam-macam. Oleh karena itu, pemilik situs harus mempertimbangkan 
beban biaya dan jangkauan wilayah distribusi barang  pada konsumennya. 
Tapi sebagian situs e-Commerce membatasi konsumen mereka sampai tingkat 
nasional saja.
Selain tahu mengenai definisi dan sejarah e-Commerce, kita juga harus
 mengenal manfaat-manfaat apa saja yang ada di e-Commerce tersebut.Nah, 
Apa saja manfaat dan kelebihan yang dimiliki CMS e-Commerce ini?
- Tidak memerlukan modal besar.
 
Dengan menggunakan e-Commerce para pebisnis atau pengusaha tidak 
perlu repot-repot mencari lokasi untuk membangun usahanya secara fisik, 
atau menyewa tempat usaha dengan peralatan yang layaknya usaha 
konvensional. Jika dibandingkan dengan usaha konvensional, bisnis online
 hanya membutuhkan biaya untuk membeli atau  menyewa hosting dan domain 
saja.
1. Lebih efisien, efektif dan cepat.
Mengingat internet bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat, tidak 
menutup kemungkinan sebagian besar masyarakat menggunakan internet. Toko
 maya lebih bisa menekankan biaya distribusi, selain itu dengan 
menggunakan email atau chatting, komunikasi dan pengiriman pesan lebih 
cepat dan murah.
2. Efisien tenaga kerja.
Bisnis dunia maya hanya membutuhkan beberapa orang saja, jadi lebih 
hemat tenaga kerja, anda tidak perlu membayar karyawan untuk menjalankan
 bisnis usaha anda.
3. Proses transaksi lebih mudah dan cepat.
Proses transaksi dengan melalui e-Commerce dapat dilakukan dengan 
lebih mudah, cepat, kapan saja dan di mana saja, di mana konsumen dengan
 produsen atau penyedia barang saling terhubung, tentunya dengan 
menggunakan jaringan komputer atau internet. Media penghubung e-Commerce
 bukan hanya website saja, tetapi bisa juga menggunakan perangkat mobile
 atau perangkat elektronik lainya.
Proses transaksi mudah dilakukan karena diatur denga perangkat lunak.
 Data mengenai konsumen dan produk yang dipesan disimpan di dalam 
database oleh konsumen itu sendiri dengan melalui form yang telah 
disediakan. Pemilik situs juga dapat memesan perangkat lunak yang 
berfungsi untuk mengirim pesan pada konsumen, baik berupa konfirmasi 
transaksi yang telah dilakukan, maupun informasi pengiriman barang. 
Operator (kita) hanya bertugas mengawasi dan melakukan aktivitas yang 
tidak dapat dilakukan oleh perangkat lunak, misalnya seperti menjawab 
pertanyaan ataupun keluhan dari para konsumen.
4. Pangsa pasar yang luas.
E-commerce mampu membuka pangsa pasar yang sangat luas karena internet mampu mencakup seluruh dunia.
5. Tidak ada batas ruang dan waktu.
E-commerce tidak mengenal batasan wilayah Negara dan waktu, sehingga 
tidak menjadikan kendala dalam berbisnis. Situs-situs e-Commerce membuka
 layanan 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu artinya tanpa 
waktu istirahat (nonstop).
6. Tidak diperlukan perusahaan mediator.
E-commerce tidak membutuhkan mediator sebagaimana perusahaan 
konvensional yang membutuhkan penghubung seperti retailer dan 
semacamnya. Dalam e-Commerce perusahaan penyedia barang dan jasa hanya 
perlu mempromosikan situs dan produk mereka, kemudian dapat berhubungan 
dengan konsumen di seluruh dunia.
7. Membuka jaringan bisnis global.
Perdagangan global meliputi jaringan perdagangan tingkat dunia. 
Perdagangan global dapat memicu tumbuhya kelompok-kelompok perusahaan 
yang memiliki hubungan kerja sama. Munculnya kelompok perusahaan akan 
menimbulkan ide untuk berkolaborasi dalam suatu wadah yang dikenal 
dengan istilah B-web (business-web), yaitu semacam usaha satu atap dari 
beberapa perusahaan yang bergabung membentuk aliansi, untuk berkompetisi
 dengan perusahaan lain yang setara atau lebih besar.
8. Kualitas harga yang kompetitif.
Menyediakan barang dan jasa yang berkualitas dengan harga yang murah 
adalah suatu strategi perusahaan untuk mempertahankan dan menarik minat 
konsumen. Bagaimana juga dalam perdagangan, manusia berusaha mendapatkan
 hasil semaksimal mungkin dengan pengorbanan seminimal mungkin.
9. Memicu kreativitas dan inovasi.
Dengan persaingan yang ketat dan bersifat global, akan memicu 
timbulnya ide-ide baru yang dituangkan dalam bentuk kreativitas sehingga
 tercipta inovasi. Inovasi yang kreatif telah lama dikenal sebagai salah
 satu faktor daya tarik, khususnya bagi para konsumen yang ingin tahu 
dan penasaran untuk mencoba. Inovasi yang tercipta juga akan menambah 
keragaman produk dan manusia akan semakin dimanjakan oleh berbagai 
produk yang menjanjikan kemudahan hidup. Inovasi dan kreativitas 
menjadikan semuanya tampak instan.
Contoh CMS e-Commerce adalah Freewebstore
blinkstore
Kelas : S2
Contoh CMS e-Commerce adalah Freewebstore
blinkstore
Kelas : S2
Nama : Tutik Andayani
NPM : 1111050199
E-Bisnis Duty
  


mantab..
BalasHapus